Abstract:
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah bagaimana mengkaji pengembangan konsep atau teori dari analisis rantai nilai pada industry jasa. Adapun masalah yang diangkat adalah kompleksitas perubahan kondisi praktis membuat perusahaan terbentur akan aturan internal sehingga masalahnya adalah bagaimana pengimplementasian theory analisis rantai nilai pada indutri jasa dengan kondisi yang begitu tidak dinamis dan persaingan yang begitu ketat. Pendekatan yang digunakan secara theoretical. Pengaplikasian theory analisis rantai nilai pada beberapa industry yang telah dikaji dalam jurnal menggambarkan bahwa rantai nilai telah banyak digunakan dalam industry jasa untuk meningkatkan pelayanan yang optimal sehingga nilai yang dirasakan pelanggan melibih harapan pelanggan dengan bantuan teknologi dan informasi hal ini biasa disebut superior value. Kontribusi makalah ini adalah karena karkteristik jsa berubah-ubah maka kualitas pelayanan bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa harus mampu merealisasikan pelayanan yang prima agar nilai yang dirasakan pelanggan adalah superior dengan cara menganalisis rantai nilai.