Abstract:
Perubahan perilaku dalam berbelanja kini sudah mengikuti perkembangan zaman, berbelanja secara online melalui E-Commerce kini menjadi pilihan masyarakat khususnya mahasiswa. Dengan menyuguhkan berbagai kemudahan seperti cara pembayaran menggunakan Pay-Later. Hadirnya Pay-Later di berbagai E- Commerce membuat mahasiswa tergiur untuk menggunakan metode pembayaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang berhubungan langsung dengan obyek yang diteliti, dengan menggunakan jenis pendekatan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Shopee Pay-Later dan motif penggunaannya sehingga munculnya perilaku impulsif pada mahasiswa prodi Manajemen Universitas Al-Ghifari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Shopee Pay-Later pada mahasiswa memiliki beberapa motif dan alasan, diantaranya : (1) Adanya kepuasan berbelanja. (2) Karena desakan finansial dan kebutuhan. (3) Pemenuhan gaya hidup. (4) Adanya promo/potongan harga. Keempat motif diatas akan berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan konsumen, jika tidak dapat dengan bijak menggunakan Pay-Later. Semenjak menggunakan Pay-Later, terjadi peningkatan terhadap konsumsi yang dilakukan mahasiswa, dan menyebabkan mahasiswa memiliki perilaku konsumtif. Hal ini dikarenakan Shopee Pay-Later dapat memudahkan penggunanya dalam memenuhi kebutuhan. Namun dengan berbagai kemudahan itu akan tetap menimbukan hal negatif seperti mahasiswa akan mempunyai tanggungan di akhir yang menjadi beban pikiran, dan mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari pihak penagih jika tidak dapat membayar pada saat jatuh tempo.