Repository UNFARI

KUALITAS PELAYANAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PENGELOLAAN DAN PELAYANAN PERUMAHAN JAWA BARAT (UTDP3JB) DINAS PERMUKIMAN DAN PERUMAHAN PROVINSI JAWA BARAT (Studi Kasus Rusunawa Rancaekek)

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.author Camelia S., Sike
dc.date.accessioned 2022-06-02T04:43:26Z
dc.date.available 2022-06-02T04:43:26Z
dc.date.issued 2022-06-02
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/737
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kualitas pelayanan publik di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelayanan dan Pengelolaan Perumahan Jawa Barat (UPTDP3JB) (Studi Kasus Rusunawa Rancaekek) Kabupaten Bandung (2) Faktor- Faktor penghambat dan upaya mengatasi hambatan pelayanan di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelayanan dan Pengelolaan Perumahan Jawa Barat (UPTDP3JB) (Studi Kasus Rusunawa Rancaekek) Kabupaten Bandung. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta- fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan purposive sampling sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan publik di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelayanan dan Pengelolaan Perumahan Jawa Barat (UPTDP3JB) (Studi Kasus Rusunawa Rancaekek) Kabupaten Bandung sudah diterapkan dimensi Tangibel, Realiability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty beserta indikatornya. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan penghuni, antara lain masih minimnya fasilitas jemuran di setiap hunian, belum beroprasinya klinik atau Unit Keselamatan Kerja, masih rumitnya system administrasi pembayaran di rusunawa rancaekek. (2) Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelayanan dan Pengelolaan Perumahan Jawa Barat (UPTDP3JB) (Studi Kasus Rusunawa Rancaekek) Kabupaten Bandung masih kurangnya sarana prasarana dan system administrasi pembayaran rumit. Sedangkan faktor pendukungnya adalah cepat tanggap evaluasi pegawai dalam segi keluhan perbaikan yang sering terulang Kembali, evaluasi yang dilakukan membuat kerusakan hunian menjadi semakin berkurang en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan Publik, pelayanan publik en_US
dc.title KUALITAS PELAYANAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PENGELOLAAN DAN PELAYANAN PERUMAHAN JAWA BARAT (UTDP3JB) DINAS PERMUKIMAN DAN PERUMAHAN PROVINSI JAWA BARAT (Studi Kasus Rusunawa Rancaekek) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account