Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepuasan pasien yang rendah
menurut pengamatan peneliti dipengaruhi oleh kualitas pelayanan kesehatan dan
karateristik pasien. Atas dasar pemikiran dan pertimbangan itu maka peneliti
berkeinginan untuk meneliti lebih lanjut dalam bentuk penelitian skripsi dengan
judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Karakteristik Pasien
Terhadap Kepuasan Pasien”.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey, yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, untuk menemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan-hubungan antar variabel sosiologis maupun psikologis. Analisis dalam pengolahan data menggunakan analisis jalur (Path Analisys). Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pasien dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanankesehatan dan krakteristik pasien, baik secara parsial maupun simultan. Secara parsial kepuasan pasien dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan kesehatan sebesar 65,4% dan dipengaruhi olehkarakteristik pasien sebesar 14,7% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan kesehatan dan karakteristik pasien secara empirik telah memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien di RSUD Kota Bandung, baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian juga menemukan bahwa kepuasan pasien dipengaruhi oleh faktor lain yang secara akademik diakui keberadaannya.