Repository UNFARI

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN PAKENJENG KABUPATEN GARUT

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.author Ibadul M., Zian
dc.date.accessioned 2025-03-03T05:37:25Z
dc.date.available 2025-03-03T05:37:25Z
dc.date.issued 2025-03-03
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1965
dc.description.abstract Kecamatan merupakan pemerintah tingkat daerah yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat yang bersifat operasional. Pelayanan yang diberikan harus sesuai dengan kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) merupakan penyelenggaraan pelayanan publik di Kecamatan dari tahap permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat. Kebijakan ini dan relasinya terhadap peningkatan kualitas pelayanan Publik adalah hal menarik. Penelitian dengan judul “Aanlisis Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut’’ dalam pelayana Administrasi Terpadu Kecamatan Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Di Kantor Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut”, memiliki rumusan masalah bagaimana Pelaksanaan Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di kantor Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu kecamatan di Kantor Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun Sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari observasi dan wawancara, serta buku- buku, internet, dan dokumen yang disediakan Kantor Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut. Landasan teori yang digunakan adalah teori kualitas pelayanan. Berdasarkan analisa yang dilakukan, diperoleh kesimpulan faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan administrasi terpadu Kecamatan (PATEN). Faktor penghambat pelaksanaan PATEN di Kantor Kecamatan Pakenjeng Garut adalah faktor penghambatnya bukan dari kecamatan, tetapi dari pusat. Sedangkan faktor pendukungnya adalah semangat yang diberikan pegawai satu sama lain, mengadakan rapat koordinasi atau semacam evaluasi setiap tiga bulan kemudian memberikan penanaman kesadaran melayani masyarakat dengan ikhlas dan sesuai dengan hati nurani. en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan Publik , Kecamatan Pakenjeng en_US
dc.title ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN PAKENJENG KABUPATEN GARUT en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account