Abstract:
PT Bandung Ekspres harus menentukan saluran distribusi yang tepat sehingga
memberikan kepuasan kepada agen dan diharapkan membentuk loyalitas agen
yang tinggi. Keberadaan loyalitas agen itu sendiri merupakan jaminan bagi suatu
perusahaan untuk menguasai pasar dan bertahan dari persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan saluran distribusi yang diterapkan oleh PT Bandung Ekspres, tingkatan loyalitas yang dimiliki oleh agen koran Bandung Ekspres, dan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan saluran distribusi terhadap loyalitas agen PT Bandung Ekspres. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode surveydengan menyebarkan kuesioner kepada 60 agen PT Bandung Ekspres yang tersebar di daerah Bandung. Berdasarkan hasil penelitian dari perhitrungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa pelaksanaan saluran distribusi yang dilakukan oleh PT Bandung Ekspres mempunyai pengaruh kuat terhadap loyalitas agennya sebesar 60.9% dan 39.1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti produk, harga dan promosi.