Abstract:
ABSTRAK
Seorang guru dituntut untuk dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pendidikan di lingkungan sekolah terutama dalam hal belajar mengajar, kita tentunya ingin mempunyai guru yang berkualitas dengan kinerja yang baik dan bertanggung jawab,tetapi dalam kenyataanya masih banyak guru yang kinerjanya belum memenuhi standar yang diharapkan,banyak sekali faktor yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya adalah kepemimpinan seorang kepala sekolah yang akan menentukan langkah-langkah pendidikan yang efektif di lingkungan sekolah, kepemimpinan seorang kepala sekolah sedikit banyak dapat mempengaruhi pendidikan di lingkungan sekolah termasuk terhadap kinerja
guru.
Landasan Toeri yang mendukung adalah menurut Hennry Simamora dalam
Anwar Prabu Mangkunegara kinerja dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu Faktor individual yang terdiri dari : kemampuan dan keahlian, latar belakang dan demografi,Faktor psikologis yang terdiri dari : persepsi, attitude, personality, pembelajaran dan motivasi, Faktor organisasi yang terdiri dari : sumber daya, kepemimpinan, penghargaan, struktur dan job design.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai
situasi atau kejadian, sehingga metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar belaka, penelitian deskriptif secara umum sering diberi nama metode survey,
merupakan studi yang bersifat kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul datanya.
Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas dan reabilitas
sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana
dana koefisien determinasi.Setelah melakukan pengambilan data dengan menggunakan quesioner maka setelah dilakukan pengolahan data melalui uji validasi
dan dilakukan analisis korelasi diperoleh hasil korelasi sebesar 0,752, jika
dibandingkan dengan tabel maka diperoleh hasil bahwa keeratan hubungan
antara variabel yang diteliti mempunyai hubungan yang kuat atau tinggidan setelah
dilakukan uji koefisien determinasimaka didapatkan hasil pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 56,55%.
Berdasarkan temuan tersebut , maka dapat dikatakan kepemimpinan kepala sekol
ah mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru.
Description:
Seorang guru dituntut untuk dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pendidikan di lingkungan sekolah terutama dalam hal belajar mengajar, kita tentunya ingin mempunyai guru yang berkualitas dengan kinerja yang baik dan bertanggung jawab,tetapi dalam kenyataanya masih banyak guru yang kinerjanya belum memenuhi standar yang diharapkan,banyak sekali faktor yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya adalah kepemimpinan seorang kepala sekolah yang akan menentukan langkah-langkah pendidikan yang efektif di lingkungan sekolah, kepemimpinan seorang kepala sekolah sedikit banyak dapat mempengaruhi pendidikan di lingkungan sekolah termasuk terhadap kinerja
guru.
Landasan Toeri yang mendukung adalah menurut Hennry Simamora dalam
Anwar Prabu Mangkunegara kinerja dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu Faktor individual yang terdiri dari : kemampuan dan keahlian, latar belakang dan demografi,Faktor psikologis yang terdiri dari : persepsi, attitude, personality, pembelajaran dan motivasi, Faktor organisasi yang terdiri dari : sumber daya, kepemimpinan, penghargaan, struktur dan job design.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai
situasi atau kejadian, sehingga metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar belaka, penelitian deskriptif secara umum sering diberi nama metode survey,
merupakan studi yang bersifat kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul datanya.
Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas dan reabilitas
sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana
dana koefisien determinasi.Setelah melakukan pengambilan data dengan menggunakan quesioner maka setelah dilakukan pengolahan data melalui uji validasi
dan dilakukan analisis korelasi diperoleh hasil korelasi sebesar 0,752, jika
dibandingkan dengan tabel maka diperoleh hasil bahwa keeratan hubungan
antara variabel yang diteliti mempunyai hubungan yang kuat atau tinggidan setelah
dilakukan uji koefisien determinasimaka didapatkan hasil pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 56,55%.
Berdasarkan temuan tersebut , maka dapat dikatakan kepemimpinan kepala sekol
ah mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru.