Repository UNFARI

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI S EKOLAH M ENENGAH K EJURUAN Y AYASAN P ENDIDIKAN F ARMASI BANDUNG

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyuddin, Hendra
dc.date.accessioned 2017-06-16T04:29:47Z
dc.date.available 2017-06-16T04:29:47Z
dc.date.issued 2017-06-16
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/77
dc.description Seorang guru dituntut untuk dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pendidikan di lingkungan sekolah terutama dalam hal belajar mengajar, kita tentunya ingin mempunyai guru yang berkualitas dengan kinerja yang baik dan bertanggung jawab,tetapi dalam kenyataanya masih banyak guru yang kinerjanya belum memenuhi standar yang diharapkan,banyak sekali faktor yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya adalah kepemimpinan seorang kepala sekolah yang akan menentukan langkah-langkah pendidikan yang efektif di lingkungan sekolah, kepemimpinan seorang kepala sekolah sedikit banyak dapat mempengaruhi pendidikan di lingkungan sekolah termasuk terhadap kinerja guru. Landasan Toeri yang mendukung adalah menurut Hennry Simamora dalam Anwar Prabu Mangkunegara kinerja dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu Faktor individual yang terdiri dari : kemampuan dan keahlian, latar belakang dan demografi,Faktor psikologis yang terdiri dari : persepsi, attitude, personality, pembelajaran dan motivasi, Faktor organisasi yang terdiri dari : sumber daya, kepemimpinan, penghargaan, struktur dan job design. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, sehingga metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar belaka, penelitian deskriptif secara umum sering diberi nama metode survey, merupakan studi yang bersifat kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul datanya. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas dan reabilitas sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dana koefisien determinasi.Setelah melakukan pengambilan data dengan menggunakan quesioner maka setelah dilakukan pengolahan data melalui uji validasi dan dilakukan analisis korelasi diperoleh hasil korelasi sebesar 0,752, jika dibandingkan dengan tabel maka diperoleh hasil bahwa keeratan hubungan antara variabel yang diteliti mempunyai hubungan yang kuat atau tinggidan setelah dilakukan uji koefisien determinasimaka didapatkan hasil pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 56,55%. Berdasarkan temuan tersebut , maka dapat dikatakan kepemimpinan kepala sekol ah mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru. en_US
dc.description.abstract ABSTRAK Seorang guru dituntut untuk dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pendidikan di lingkungan sekolah terutama dalam hal belajar mengajar, kita tentunya ingin mempunyai guru yang berkualitas dengan kinerja yang baik dan bertanggung jawab,tetapi dalam kenyataanya masih banyak guru yang kinerjanya belum memenuhi standar yang diharapkan,banyak sekali faktor yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya adalah kepemimpinan seorang kepala sekolah yang akan menentukan langkah-langkah pendidikan yang efektif di lingkungan sekolah, kepemimpinan seorang kepala sekolah sedikit banyak dapat mempengaruhi pendidikan di lingkungan sekolah termasuk terhadap kinerja guru. Landasan Toeri yang mendukung adalah menurut Hennry Simamora dalam Anwar Prabu Mangkunegara kinerja dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu Faktor individual yang terdiri dari : kemampuan dan keahlian, latar belakang dan demografi,Faktor psikologis yang terdiri dari : persepsi, attitude, personality, pembelajaran dan motivasi, Faktor organisasi yang terdiri dari : sumber daya, kepemimpinan, penghargaan, struktur dan job design. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, sehingga metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar belaka, penelitian deskriptif secara umum sering diberi nama metode survey, merupakan studi yang bersifat kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul datanya. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas dan reabilitas sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dana koefisien determinasi.Setelah melakukan pengambilan data dengan menggunakan quesioner maka setelah dilakukan pengolahan data melalui uji validasi dan dilakukan analisis korelasi diperoleh hasil korelasi sebesar 0,752, jika dibandingkan dengan tabel maka diperoleh hasil bahwa keeratan hubungan antara variabel yang diteliti mempunyai hubungan yang kuat atau tinggidan setelah dilakukan uji koefisien determinasimaka didapatkan hasil pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 56,55%. Berdasarkan temuan tersebut , maka dapat dikatakan kepemimpinan kepala sekol ah mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru. en_US
dc.subject kepemimpinan kepala s ekol ah mempunyai pengaruh terhadap kinerja g uru en_US
dc.title PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI S EKOLAH M ENENGAH K EJURUAN Y AYASAN P ENDIDIKAN F ARMASI BANDUNG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account