Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di usaha tanaman hias Aher Flower bertepatan di Jalan Sersan Bajuri, No 03, Kampung Panyairan, Desa Cihideng, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang terdapat dalam lingkungan internal dan eksternal pemasaran tanaman hias Aher Flower dan menentukan strategi pemasaran yang tepat pada usaha tanaman hias Aher Flower. Untuk menentukan strategi pemasaran dan menentukan posisi usaha tanaman hias Aher Flower, penulis menggunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang dapat diukur oleh faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil posisi usaha tanaman hias Aher Flower berada di kuadran I, dengan total faktor IFAS (1,10) dan untuk total faktor EFAS (1,07), yang artinya usaha tanaman hias Aher Flower berada di kondisi yang sangat menguntungkan, strategi pemasaran yang tepat untuk usaha tanaman hias Aher Flower adalah SO artinya mendukung kebijakan dan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy) dengan memperbanyak jumlah bunga yang disukai pelanggan, membuka cabang atau gerai baru di tempat lain, menjaga kualitas bunga sehingga usaha ini tetap berjalan lancar dalam menjalankan usaha kedepanya, dan mampu bersaing dengan dengan usaha tanaman hias yang lain.