Abstract:
Kopi dalgona hadir ditengah masyarakat Indonesia yang saat ini tengah
menghadapi pandemi covid-19 yang semakin hari semakin masif
perkembangannya. Kopi dalgona menjadi trending topik pencarian di Google
pada pertengah bulan April 2020. Muncul juga merek kopi Instan Nescafe Classic
sebagai bahan dasar pembuatan kopi dalgona. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Brand Equity kopi instan nescafe classic dalam pembuatan
kopi dalgona ditengah pandemi dengan studi kasus di Kota Bandung. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode analisis kuantitatif. Data secara
statistik dihitung dengan menggunakan software Statistical Package Social
Science (SPSS 25 versi 25). Sampel diambil sebanyak 100 orang yang merupakan
warga Kota Bandung. Pengambilan sampel diambil dengan menyebar kuesioner
melalui google form. Instrumen penelitian ini di uji dengan uji validitas dan uji
reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear
berganda dan uji hipotesis. Pengujian dilakukan terhadap variabel Brand Equity
yaitu: Brand Awareness (x1), Brad Association (x2), Perceived Quality (x3) dan
Brand Loyalty (x4) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Equity kopi Instan Nescafe
Classic yang terdiri dari Brand awareness, Brand Association, Perceived Quality
dan Brand Loyalty dari hasil analisis menggunakan SPSS 25 masing masing
variabel menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan
membuat kopi Dalgona ditengah Pandemi di Kota Bandung.